Artikel - By Admin


Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membuka Usaha Di Mall

INFO TEMPAT USAHA - Dizaman seperti sekarang ini mall merupakan tempat favorit bagi sebagaian besar orang di Indonesia khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Orang cenderung lebih bangga jika belanja di mall jika dibandingkan dengan belanja di pasar biasa. Bermacam-macam alasan yang mereka ungkapkan. Dari mulai segi tempat yang kebersihan nya terjaga sehingga membuat pelanggan merasa nyaman. Brand-brand ternama yang tersebar di mall dan tentu saja apabila mampu membeli dan memakainya maka akan menjadi suatu kebanggan tersendiri untuk si pemakai.
 
Jika selama ini anda hanya menjadi seorang pelanggan dan hanya bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada mulai dari belanja, makan atau hanya sekedar jalan-jalan. Kemungkinan anda akan berfikir tentang bagaimana jika anda membuka usaha sendiri di sebuah mall. Mungkin di mall favorit yang sering anda kunjungi? Tetapi apakah mungkin berjualan di mall akan membawa keuntungan bagi anda dan produk anda?.
 
Jadi kelebihannya dari mall adalah dari pengunjung mal itu sendiri, jika produk anda memang benar-benar bagus dan anda mempromosikannya dengan baik tentu produk anda akan cepat disukai banyak orang dan tentu saja nama usaha anda akan semakin besar. Apalagi di tambah dengan nama mall yang sudah terkenal dan dilengkapi dengan segala fasilitas yang ada. Tidak ada alasan bagi pelanggan untuk tidak kembali membeli produk anda.
 
Dengan semakin banyak nya pengunjung mall yang datang maka akan semakin banyak produk anda dilihat dan dikenal sehingga tidak menutup kemungkinan produk anda akan mengalami peningkatan. Dan hal tersebut membuat anda untuk memperluas jaringan usaha anda di mall lain atau mungkin di tempat-tempat keramaian lain nya.
 
Hmmm… dari cerita di atas memang terlihat sangat menggiurkan. Tetapi sebelum benar-benar tergiur dengan keuntungannya, ada baiknya jika anda juga memahami segala resiko yang akan terjadi sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membuka suatu usaha di mall.
 
Hal pertama yang harus di pertimbangkan adalah biaya sewa tempat di mall yang relatif tinggi. Mungkin pada awal anda memulai usaha di mall, keuntungan yang didapat dari usaha anda apalagi usaha tersebut masih sangat baru dan masih belum bisa menutup kerugian dari biaya sewa tempatnya saja. Maka dari itu, jika tidak ada perencanaan yang matang terhadap seberapa banyak produk anda yang akan terjual dalam beberapa waktu, menyewa tempat di mall tanpa mengetahui perhitungan yang matang malah nanti anda akan merugi atau bahkan anda akan tutup lebih awal (Bangkrut). Hmm… mengerikan juga ya? So, sebelum anda buang-buang waktu, uang dan tenaga lebih baik pastikan terlebih dahulu produk anda benar-benar cocok atau tidak dengan konsumen mall. 
 
Kemudian gaji karyawan, jika anda ingin memiliki karyawan maka anda harus memperhitungkan antara pendapatan dan gaji karyawan. Karena gaji karyawan yang bekerja di mall pun agak lebih tinggi dibandingkan dengan gaji karyawan yang berada di toko biasa. Pasalnya, ekspektasi dari karyawan tersebut pula akan lebih tinggi bila dipekerjakan di mall. Jadi, kemungkinan akan lebih sulit jika mengharapkan karyawan dengan tarif gaji yang sama dengan karyawan toko biasa atau bahkan dibawah. Jadi, apakah anda sudah siap untuk melatih dan menggaji karyawan untuk bekerja dengan anda sebagai penjaga toko anda???.
 
Lalu bagaimanakah dengan stok barang dagangan anda? Apakah mudah untuk didapat apabila permintaan anda sedang meningkat? Bisakah anda menyediakan nya tau bahkan membuat pelanggan anda kecewa karena harus menunggu dan pada akhirnya barang dagangan yang dicari tidak ada? Ini harus di pertimbangkan secara matang agar tidak ada yang kecewa dengan usaha anda. 
 
Sebelum memulai usaha anda di mall sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu secara matang, tetapi jika anda memang yakin terhadap produk anda dan jika setelah diperhitungkan produk anda tersebut akan benar-benar menguntungkan apalagi jika produk anda di jual di sebuah mall, atau mungkin produk anda sudah memilikin nama sebelumnya, maka tunggu apa lagi?